Jumat, 03 Januari 2014

Apa itu Crossdressing

Berlintas busana (atau dalam bahasa Inggris: crossdressing) merujuk pada tindakan mengenakan pakaian atau perlengkapan yang umumnya diasosiasikan untuk lawan jenisnya. Crossdressing telah lama digunakan sebagai penyamaran atau dengan alasan kenyamanan, seperti sekadar ingin keluar dari rutinitas dan tekanan berperan sebagai jenis kelaminnya saat ini, karena ingin coba-coba, atau karena alasan pilihan baju lawan jenisnya yang lebih beragam.

Istilah "berlintas busana" sendiri tidak menyiratkan tindakan atau sikap yang melekat. Namun dalam masyarakat, umumnya pelaku "lintas-busana" (crossdresser) perempuan hanya akan dianggap "tomboy" oleh masyarakat tanpa ada prasangka negatif, sedangkan pelaku lintas-busana laki-laki akan dianggap tak lazim.

Lintas-busana sudah ada sejak dulu, bahkan tercatat dalam sejarah Wales bahwa lintas-busana digunakan sebagai penyamaran untuk menyampaikan protes atas kebijakan sosial dan politik.  

Lintas-busana kini adalah bagian dari cosplay. Banyak orang yang kini berani melakukan cosplay crossdress atau crossplay. Seringkali alasannya adalah karena mereka merasa tertantang untuk menjadi karakter dari lawan jenisnya yang mereka sukai. Layaknya cosplay, ada beberapa yang melakukan ini sebagai humor dan ada juga yang melakukannya dengan serius seperti, bagi crossplayer laki-laki mencukur semua bulu atau memakai korset, dan lain-lain. (Sumber)

Bagaimana menurut kalian para crossdresser tampak cantik dan menarik menyerupai perempuan asli bukan...?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar